0
Apa kalian masih ingat tentang lukisan klasik eropa yang berisikan "Benda" Semacam UFO didalamnya? Dalam waktu yang cukup lama, misteri ini terus membenak dan tercakup dalam Teori Astronot Kuno. "Benarkah dulu UFO dan makhluk asing muncul di bumi?". Tapi nyatanya lukisan tersebut mengandung lain dari apa yang kebanyakan orang pikirkan.



Untuk kali ini, ada 2 Lukisan yang akan dibahas:
1. Lukisan "Penyaliban"

Lukisan "Penyaliban"


Lukisan ini adalah sebuah Fresko (Lukisan Dinding) di Biara Visoki Decani di Kosovo, ditemukan oleh Alexander Paunovitch, murid di Akademi Seni di Yugoslavia pada tahun 1964. Di lukisan ini terlihat langsung pada kedua sisi bagian atas, ada dua objek terbang dengan "pengemudi" didalamnya.

Benda inilah yang menyebabkan Kontroversi. Benda tersebut sebenarnya bukanlah UFO, melainkan simbol yang memang dipakai untuk jenis lukisan "penyaliban" yaitu simbol representasi Matahari dan Bulan sebagai saksi penyaliban, dan biasanya ditambahkan wajah manusia didalamnya.

James Hall, penulis buku "Dictionary of Subjects & Symbols In Art" mengatakan:


"Matahari dan bulan, masing - masing berada pada sisi salib, adalah fitur yang biasa pada abad pertengahan. Fitur ini bertahan sampai awal Renaisans tapi menjadi jarang pada abad ke 15. Keberadaan mereka menjadi kuno. Sudah merupakan suatu kebiasaan memasang fitur seperti ini. Matahari ditandai wajah manusia dengan cahaya, sedangkan bulan wajah perempuan . Matahari terletak di kanan sedangkan bulan di kiri"

Terkadang kedua simbol ini ditandai dengan orang mengendarai kereta kuda.

Pola lukisan ini sama dengan lukisan lain, menggunakan bentuk tambahan manusia sebagai representasi matahari dan bulan. Coba bandingkan dengan seni berikut:


Sama bukan? Seni barusan juga memiliki representasi matahari dan bulan atas bentuk yang sama, dengan manusia. Jadi gambar "UFO dengan pengemudi" bukanlah UFO sebenarnya, melainkan suatu simbolisasi terhadap matahari dan bulan.

2. Lukisan "Annunciation" Karya Carlo Crivelli


Inilah lukisan "Annunciation", salah satu lukisan yang menggambarkan UFO,bisa dilihat pada bagian kiri atas, ada objek berbentuk oval menembakkan sinarnya. Objek ini yang menjadi kontroversi. Apakah objek itu sebenarnya? Terlihat objek itu seperti awan. Mari diperjelas objeknya

Biarpun didekatkan seperti ini tetap kurang jelas, tapi mulai terlihat objek tersebut memiliki garis coklat diantara tubuh awan tersebut, tapi apabila diperjelas lagi,


Sekarang terlihat jelas sekali, bentuk sebenarnya dari "UFO" tersebut, terlihat percikan sinar dengan barisan pola di tengahnya. Perhatikan pola tersebut! Itu adalah pola Malaikat -malaikat kecil, digambarkan pada lukisan memiliki sayap/ tangan beserta lingkaran diatas kepalanya masing - masing. Pola lukisan ini juga sudah biasa digunakan dalam lukisan lain, silakan bandingkan.
Perhatikan pola paling atas
Perhatikan pola di kiri atas


Pada kedua lukisan diatas, terdapat juga kelilingan malaikat kecil, coba perhatikan. Polanya hampir sama dengan lukisan "Annunciation", sudah jelas sekali bahwa benda ini bukanlah UFO, dilihat dari segi gambar dan simbol. Zaman abad pertengahan dulu, lukisan macam ini ada banyak dan pola ini sering digunakan.

Jadi ada lukisan tersebut hanyalah salah pengertian akan simbol seni religius yang digunakan oleh pelukis. Hal ini juga terjadi pada lukisan Kontroversial lainnya. Untuk kali ini, 2 lukisan dulu yang dibahas.

MENARIK UNTUK DILIHAT

ExtraClassifieds.com - Free Classifieds USA - Buy & Sell, post Your free classified ad Now

Post a Comment Blogger

 
Top