bisul pada penderita diabetes

Jangan remehkan bisul yang muncul jika Anda penderita diabetes. Ini bahayanya.

Bisul memang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan terlihat sepele. Tapi ini tak berlaku bagi penderita diabetes. Sebab, bisul yang diabaikan pada penderita diabetes bisa berakibat fatal –bahkan bisa menyebabkan kematian.

Bisul, atau nama kerennya dalam dunia medis dikenal dengan sebutan impetigo, merupakan infeksi bakteri pada permukaan kulit. Biasanya, bisul berawal dari jerawat kecil berisi cairan atau nanah.

Saat jerawat tersebut pecah, bisa saja terjadi erosi pada kulit. “Gangguan ringan di kulit bisa menjadi awal dari infeksi, bahkan sedikit goresan yang kadang tak disadari juga bisa (menyebabkan infeksi),” kata dr. Atika dari KlikDokter.

Bahaya Bisul pada Penderita Diabetes

Penderita diabetes biasanya memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh saat terluka, dibandingkan dengan orang pada umumnya. Jika terdapat bisul, maka dikhawatirkan bisa berkembang menjadi infeksi yang lebih berat.

Bisul pada penderita diabetes akan semakin berbahaya bila kadar gula darah penderitanya tak terkontrol. Misalnya, karena tidak rutin mengonsumsi obat atau suntik insulin. Hal ini akan membuat sistem imunitas tubuh melemah.

Bila sudah demikian, sistem imunitas tubuh akan kesulitan melawan kuman penyakit. Hal ini akan membuat infeksi bisa menyebar dan semakin berat.

Kadar gula darah yang tak terkontrol juga berkaitan dengan sirkulasi darah. Bila sirkulasi darah buruk, maka pengiriman nutrisi dan oksigen menuju luka akan terhambat. Akibatnya, luka jadi susah sembuh.

Kiat agar Tak Semakin Buruk

bisul pada penderita diabetes

Sebenarnya penderita diabetes tak perlu merasa dihantui oleh serangan bisul atau infeksi kulit. Bila infeksi kulit masih tergolong ringan, hal yang paling penting diperhatikan adalah menjaga agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Bagi penderita diabetes, penting untuk menjaga pola makannya dan berolahraga secara rutin agar kadar gula darah tetap terjaga. Rutin mengonsumsi obat diabetes juga kunci penting dalam hal ini.

Selain itu, karena kulit penderita diabetes cenderung kering, maka penting untuk memperhatikan kesehatan kulit. Perawatan kulit harian tak boleh diabaikan, seperti mengoleskan pelembap dengan rutin.

Jadi, jangan pernah meremehkan bisul –khususnya bila Anda penderita diabetes. Bila bisul sudah terlanjur muncul, tangani dengan benar. Berkonsultasilah pada dokter dan jangan mengabaikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here