ciri anak masuk angin

Kondisi kesehatan anak memang sangat penting untuk dijaga. Orangtua mana saja pasti akan khawatir bila anaknya terserang penyakit. Salah satu penyakit yang mudah menyerang anak-anak adalah masuk angin. Agar terhindar, ada beberapa tips menjaga kesehatan anak, terutama di musim hujan seperti sekarang.

Ciri-ciri Anak Masuk Angin

Sebelum membahas cara mencegah masuk angin, ada baiknya mengetahu apa ciri-ciri anak yang terserang masuk angin. Langsung disimak aja ya.

  • Demam

Biasanya saat masuk angin suhu tubuh akan meningkat. Sehingga wajar bila sang anak menjadi terasa lebih panas bila disentuh, terutama di bagian kening.

  • Perut kembung

Ciri-ciri yang paling terlihat ketika masuk angin adalah perut yang kembung. Perut terasa kurang nyaman karena pencernaan terganggu. Sehingga perut akan jadi kembung dan terasa begah.

  • Nafsu makan berkurang

Kondisi tubuh anak akan mengalami penurunan sehingga nafsu makan pun ikut berkurang. Bahkan tak jarang saat masuk angin anak akan menolak semua jenis makanan yang ditawarkan. Padahal dalam kondisi seperti itu, tubuh anak malah butuh asupan gizi yang harus dijaga.

  • Tubuh terasa dingin

Anak yang mengeluh merasa kedinginan jangan disepelekan, lho. Apalagi jika mereka merasa dingin disaat suhu ruangan sedang normal saja. Ini biasanya jadi tanda-tanda anak mengalami masuk angin.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Bila si buah hati mengalami gejala di atas, kamu bisa segera mengatasinya dengan beragam tindakan.

  • Minum air putih hangat

Ketika suhu tubuh naik atau demam, perbanyak konsumsi air hangat atau air putih biasa. Ini bertujuan untuk mengontrol suhu tubuh dan meringankan demam. Bisa juga dengan minum teh hangat agar perut lebih terasa nyaman dan mengurangi rasa mual dan kembung.

  • Konsumsi sup ayam

Sup kaldu atau sup ayam sebaiknya dikonsumsi ketika kondisi anak sedang masuk angin. Tujuannya agar melegakan tenggorokan serta pernapasan lebih lega. Rempah-rempah pada sup ayam mengandung anti oksidan, anti bakteri, anti-virus, anti jamur, serta anti bakteri yang bagus untuk dikonsumsi saat tubuh sedang tidak baik-baik saja. Ini bisa jadi salah satu makanan untuk menjaga kesehatan anak.

  • Menggunakan bawang merah

Salah satu gejala masuk angin adalah perut kembung. Ternyata bisa diatasi dengan mengoleskan bawang merah yang dicampurkan dengan minyak kayu putih. Meski belum ada penelitian dan bukti secara ilmiah mengenai bawang merah untuk menyembuhkan masuk angin, tapi diyakini aromanya membuat anak-anak nyaman.

  • Konsumsi tolak angin

Selain cara di atas, bisa juga dengan memberikan tolak angin pada anak yang masuk angin. Fungsi tolak angin sendiri dapat mengatasi masuk angin pada si buah hati, yang ditandai dengan perut kembung, mual, meriang, pusing, dan tidak nafsu makan. Kandungan di dalam tolak angin juga terbuat dari bahan-bahan pilihan dan alami serta sudah teruji klinis.

Yuk, perhatikan kondisi dalam menjaga kesehatan anak ya. Bila kondisi anak tidak fit seperti masuk angin, segera kenali ciri-cirinya dan berikan obat yang sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here