barbel plastik

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan barbel. Peralatan latihan olahraga yang satu ini digunakan untuk latihan beban dan angkat besi. Barbel sendiri ada yang dari besi namun ada pula barbel plastik atau Dumbbell.

Awalnya barbel digunkaan untuk alat rehabilitasi cidera. Seiring berjalannya waktu, barbel kemudian beradaptasi menjadi alat olahraga.

Sebenarnya dumbbel atau barbel plastik ini berbeda dengan barbel. Meskipun sama-sama alat bantu olahraga, tapi keduanya memiliki perbedaan. Dumbbell adalah dua beban sama berat dengan adanya pegangan pendek. Sedangkan barbel adalah seperangkat alat yang terdiri dari cakram logam serta besi panjang. Barbel biasanya digunakan untuk latihan kaki. Dan dumbbell untuk membantu mengatasi masalah ketidakseimbangan kekuatan anggota tubuh. Namun di masyarakat luas, dumbbell ini sering disebut barbel.

Dumbbell atau barbel plastik ini banyak digunakan untuk membantu mengecilkan perut maupun membentuk otot. Nah, berikut gerakan barbel yang efektif yang dapat kamu terapkan untuk mengecilkan perut. Bisa dilakukan di tempat fitness maupun di rumah.

1. Side Bends

Side bends ini adalah latihan dengan posisi berdiri tegak dengan salah satu tangan memegang barbel dan tangan yang lain berada di atas kepala. Gerakan ini dilakukan dengan memiringkan badan ke arah barbel namun posisi punggung tetap tegak. Lakukan gerakan ini 10-15 kali. Setelah itu tukar posisi barbel di tangan yang satunya lagi dengan mengulangi gerakan yang sama. Lakukan setidaknya 4 kali pergantian.

2. Crunch

Disebut crunch adalah gerakan sit up dengan barbel. Gerakan ini sangat pas untuk membuat otot perut menguat dan disebut efektif mengecilkan perut. Gerakan ini dimuali dengan berbaring di atas matras dengan lutut ditekuk ke atas. Peganglah barbel dengan kedua tangan dan angkat ke atas kepala. Lalu, disusul dengan mengangkat kepala dan punggung ke atas, dan turunkan. Ulangilah gerakan ini berulang-ulang.

3. Squat Jump

Squat Jump ini merupaka gerakan yang cukup sederhana karena hanya menggunakan barbel saja. Pegang barbel di masing-masing tangan dan lakukan dalam posisi jongkok. Lalu, loncat ke atas dan jongkok kembali. Posisi punggung haruslah lurus dan tatapan ke arah depan. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang.

4. Crossover Step-up

Crossover step up ini bisa dilakukan dengan menggunakan barbel tangan alias dumbbell atau barbel dengan pegangan panjang. Gerakan ini memerlukan papan sebagai tumpuannya. Caranya, kamu harus berdiri tegak di belakang papan dengan kedua tangan memegang barbel. Lalu, angkat kaki kanan dan letakkan di bagian kiri papan. Setelahnya, turunkan kaki ke arah semula. Ulangi gerakan tersebut secara bergantian menggunakan kaki kiri.

5. Woodchop

Gerakan woodcop ini dilakukan dengan posisi berdiri tegak, kedua tangan memegang satu barbel. Angkatlah barbel ke bagian atas kepala sebelah kanan dan condongkan badan ke belakang. Turunkan barbel ke bawah sebelah kiri dengan posisi badan menjongkok. Ulangi gerakan tersebut 10-12 kali. Tidak lupa untuk mengganti posisi ke bagian atas kepala sebelah kiri dengan gerakan sama.

6. Russian Twist

Gerakan yang satu ini hanya membutuhkan satu buah barbel plastik. Pertama-tama, angkatlah barbel dengan kedua tangan dengan mengambil posisi duduk. Kemudian, gerakkan barbel ke kiri badan lalu pindahkan ke samping kanan. Ulangi gerakan ini selama 10-12 kali dalam 4 set. Selamat mncoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here