vitamin untuk ibu hamil

Memastikan perkembangan janin di dalam kandungan, Anda harus mengonsumsi vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil. Jadi, mengatur pola makan yang tepat sangatlah penting kalau ibu ingin semua kebutuhan buah hati di kandungan terpenuhi.

Ibu hamil bisa memperoleh multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan. Untuk menentukan jenis makanan yang baik dikonsumsi, sebaiknya Anda harus meminta saran ataupun resep dari dokter. Suplemen seperti multivitamin memang tidak sepenuhnya harus Anda konsumsi, tetapi disarankan jika kebutuhan gizi belum terpenuhi. Rekomendasi multivitamin yang bisa Anda konsumsi tidak bisa diputuskan sepihak. Sebaiknya Anda meminta resep ke dokter supaya kesehatan Anda dan janin tetap terjaga.

Di bawah ini ada empat kebutuhan vitamin yang harus Anda penuhi selama hamil. Yuk, kita cari tahu bersama!

1. Vitamin D

Paling tidak Anda yang tengah hamil dan menyusui harus memenuhi kebutuhan vitamin D harian dengan jumlah 10 mg. Jika vitamin D bisa terpenuhi, maka bisa membantu kesehatan tulang dan gigi. Bagi Anda yang hamil, vitamin D berguna untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi di dalam kandungan. Kalau kekurangan vitamin D bisa memberikan dampak buruk bagi tulang sehingga janin tidak bisa tumbuh secara baik.

2. Asam Float

Ibu hamil sangat memerlukan asam folat yang cukup untuk mencegah cacat di sistem saraf janin atau NTD (Neural Tube Defect). NTD ini akan berkembang ketika janin berusia 28 hari pertama sesudah pembuahan. Akan tetapi pada masa ini banyak ibu hamil yang tidak sadar jika ia sedang hamil. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sudah merencanakan kehamilan harusnya memenuhi kebutuhan asam float sebanyak 400 hingga 800 mikrogram per hari.

3. Kalsium

Asupan kalsium yang diperlukan oleh ibu hamil sekitar 1.000 mg per harinya. Sama seperti vitamin D, kalsium bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi bayi. Konsumsi kalsium yang cukup akan membentuk tulang janin sehingga bisa tumbuh dengan sempurna.

4. Zat Besi

Oksigen yang mengalir di tubuh dibawa oleh sel darah merah. Karena itu, Anda yang sedang hamil harus mempunyai zat besi yang cukup. Zat besi berguna membentuk sel darah merah. Kalau kekurangan zat besi, Anda terkena anemia yang berakibat buruk ke kondisi fisik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here