penyebab alergi pada bayi

Alergi bisa menyerang siapa saja termasuk bayi, apalagi saat baru lahir kondisi fisik bayi masih belum sempurna sehingga sangan rentan mengalaminya. Jika tidak segera ditangani dengan tepat maka alergi bisa semakin parah bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk menghindarinya, Anda harus tahu apa saja yang biasanya menjadi penyebab alergi pada bayi dan bagaimana mengobatinya dengan benar.

3 Faktor Utama Penyebab Alergi Bayi

Kalau dikaji secara kesehatan, tiga faktor menjadi biang keladi alergi pada bayi. Pertama adalah faktor keturunan, kedua faktor lingkungan, dan ketiga faktor asupan gizinya. Biasanya alergi bisa berupa masalah pada kulit atau pernafasan.

1. Keturunan

Berdasarkan penelitian, alergi yang dialami anak paling banyak disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Dimana bayi membawa gen dari orangtuanya yang juga mengalami alergi. Jadi jika Anda memiliki riwayat alergi, maka sangat besar kemungkinan anak Anda akan mengalami hal yang sama, namun tingkat keganasannya tergantung pada daya tahan tubuh bayi.

2. Lingkungan

Udara di tempat bayi tinggal, penggunaan alat makanan dan pakaian yang salah juga bisa menjadi pemicu terjadinya alergi. Bayi yang terlahir sensitif akan sangat rentan mengalami alergi faktor lingkungan terutama pakaian, sehingga butuh sabun cuci cair pakaian bayi dan pemilihan pakaian yang sangat tepat.

3. Asupan Gizi

Beberapa jenis makanan bisa menyebabkan alergi pada bayi, seperti kacang, susu dan telur. Namun hal itu tergantung pada kondisi tubuh bayi. Bahkan ada temuan bahwa bayi mengalami alergi ASI yang tentunya akan berdampak pada tumbuh kembangnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi

Jika bayi Anda mengalami gejala alergi seperti bintik merah pada kulit, bengkak pada beberapa bagian tubuh, muntah dan diare atau susah bernafas, maka segeralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, jangan pernah memberikan obat sembarangan pada bayi, karena bisa saja menambah parah alergi yang dialaminya.

Jika sudah diobati dan diketahui apa penyebabnya, maka saatnya Anda untuk menghindarkan penyebab itu dari bayi. Contoh, jika bayi alergi pakaian dan sabun cuci berbahan tertentu, maka sebaiknya diganti dengan yang lebih nyaman dan cuci dengan sabun cuci cair pakaian bayi terbaik. dengan begitu Anda sudah melakukan upaya maksimal mengantisipasi alergi lebih parah pada si kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here