terkena luka bakar

Terjadi luka bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, sekalipun Anda sedang melakukan kegiatan seperti memasak ataupun yang lainnya. Selain jari yang teriris ataupun terpotong, tidak sedikit orang yang mengalami luka bakar.

Cara pengobatan dari masing-masing masalah sendiri tentu berbeda, artinya obat luka bakar paling ampuh tidak dapat digunakan untuk luka yang terpotong ataupun yang lainnya. Tetapi jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan terburu-buru untuk langsung panik. Karena semuanya bisa diatasi dengan mudah, tepat dan cepat jika kepanikan itu tidak dialami oleh penderita.

Luka bakar saat memasak bisa saja karena terpercik minyak panas, terkena api yang panas dan masih ada beberapa lainnya. Jika sudah mengalami hal tersebut Anda bisa melakukan beberapa langkah tepat seperti:

  1. Gunakan air dingin.

Basahi secara langsung dengan air dingin atau menggunakan air yang suhunya sejuk, bisa juga menggunakan air es. Tetapi ingat, ini hanya sebagai pereda suhu agar seimbang kembali jadi tidak bisa terlalu lama. Jika memang terlalu sering mengompres pasti akan berimbas pada iritasi yang semakin parah.

  1. Penggunaan lidah buaya.
luka bakar pakai lidah buaya

Siapa yang tidak mengenal jenis tanaman yang satu ini, ternyata jenis ini sangat bermanfaat sekali salah satunya untuk mengatasi masalah luka bakar. Penyembuhan luka dan melembabkan kulit kembali yang terkenal luka bakar.

  1. Madu.

Pernah mendengar madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah luka bakar? Jika belum bisa langsung Anda coba dengan cara mudah, jangan khawatir karena sudah dipercaya dapat mengatasi luka bakar ringan yang Anda alami.

Beberapa cara diatas merupakan pengobatan atau pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan ketika mengalami masalah luka bakar.

Pada umumnya memang luka bakar itu bisa dari berbagai hal, tetapi dengan pertolongan tepat tidak akan memberikan bahaya besar. Begitu pula ketika Anda mengalami luka jari terpotong pisau harus bisa paham pertolongan pertama agar tidak menimbulkan iritasi yang berlebihan.

Mulai dari menghentikan pendarahannya, membersihkan luka, menggunakan antibiotik dan lainnya. Jika dari pertolongan tersebut tidak ada perbaikan, lebih baik untuk konsultasikan kepada dokter ahli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here