sesak nafas

Sampai saat ini tercatat sudah lebih dari 1 juta warga dunia yang terserang oleh virus Corona, penyakit yang dikenal juga sebagai Covid 19. Masalah kesehatan yang satu ini belakangan memang tengah menjadi perhatian dunia. Mengingat hal tersebut menyebabkan banyak nyawa meninggal dunia, bahkan dampaknya juga pada krisis ekonomi yang dihadapi oleh berbagai negara, termasuk diantaranya adalah di Indonesia sendiri. Karena sampai sekarang banyak pegawai yang terkena PHK ataupun dirumahkan karena kondisi tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya berbagai macam upaya juga tengah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah agar penyakit tersebut tidak lebih banyak menular kepada orang lain. Yaitu untuk memutus rantai penyebaran penyakit Covid 19 agar tidak samakan meluas dan juga menelan lebih banyak jiwa lagi. Penting juga bagi kita semua untuk melakukan deteksi dini jika seandainya tengah mengalami gejala yang mirip Covid 19, seperti diantaranya adalah:

  1. Demam tinggi, dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celcius.
  2. Batuk kering.
  3. Sesak napas.

Dibandingkan dengan gejala lain yang lebih mirip seperti flu biasa, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya sesak napas ini sendiri sering kali dijadikan sebagai tolak ukur seseorang tengah terpapar oleh virus Corona ini. Padahal kenyataannya tidak semua sesak nafas uang dialami termasuk gejala dari Covid 19, karena bisa jadi ia disebabkan oleh beberapa hal ini, diantaranya adalah:

sesak nafas
  1. Pilek, ketika daya tahan tubuh lemah kemudian terserang oleh virus influenza, maka akan menyebabkan seseorang mengalami pilek, hidung tersumbat sampai dengan sesak napas. Hal ini umumnya dapat diredakan dengan menggunakan vaporup ataupun juga mengonsumsi sesuatu yang hangat sehingga akan membuat dahaga menjadi lebih encer.
  2. Alergi, kondisi yang lainnya adalah alergi, karena ada beberapa orang yang memang merasakan alergi terhadap beberapa jenis bahan-bahan pemicu alergi tertentu, seperti diantaranya adalah serbuk bunga, kemudian juga oleh debu dan sejenisnya. Maka sontak saluran pernapasan akan terasa menyempit dan sesak.
  3. Asma, penyakit asma atau yang terjadi pada saluran pernapasan ini juga akan membuat Anda menjadi kesulitan di dalam bernapas. Karena dada memang akan terasa menyempit sehingga nantinya udara tidak bisa secara bebas keluar masuk. Sehingga lama kelamaan juga akan terasa sesak.
  4. Sinusitis, ketika sinus mengalami pembengkakan maka akan membuat penderitanya juga sering kali bersin, kemudian hidung akan mengeluarkan ingus secara terus menerus ditambah lagi dengan sesak napas. Apalagi dalam kondisi yang memang sudah cukup parah. Sehingga patut bagi Anda untuk mewaspadainya.
  5. Infeksi pada saluran pernapasan, beberapa jenis infeksi dipicu oleh virus, juga ada diantaranya yang dipicu oleh bakteri. Seperti diantaranya adalah penyakit TBC atau penyakit batuk berdarah ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang ada di dalam paru-paru. Kemudian juga ada jenis penyakit pneumonia atau yang lebih dikenal sebagai paru-paru basah yang juga termasuk infeksi karena virus. Hingga yang baru-baru ini menghantui warga dunia adalah Covid 19 yang disebabkan oleh virus Corona.

Untuk tahu lebih pastinya apa yang menjadi penyebab dari sesak napas tersebut, memang sangat dianjurkan bagi Anda melakukan pemeriksaan atau konsultasi ke dokter. Diantaranya adalah Anda bisa melakukan konsultasi secara online dengan menggunakan aplikasi dari Halodoc, yang bisa secara langsung didownload lewat Playstore maupun Appstore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here