foundation yang tahan lama

Make up sekarang sudah menjadi kebiasaan bagi para wanita. Tentu saja tidak ada yang mau tampil dengan wajah kusam saat bertemu orang lain, ke kantor, meeting bersama klien, atau sekadar ngumpul bersama teman. Tidak ada yang mengharuskan, make up hanya sebagai bentuk mencintai diri sendiri. Tak jarang, kegiatan tersebut akan berlangsung seharian penuh. Mau tidak mau, kamu pasti butuh make up yang tidak luntur. Salah satu kuncinya adalah kamu harus menggunakan foundation yang tahan lama.

Berbeda kebutuhan berbeda pula jenis make up nya. Jika kamu hanya pergi hangout bersama teman, cukup dengan make up natural saja. Atau kegiatan lain dengan make up yang harus disesuaikan.

Saking pentingnya, hampir semua ornag menginginkan make up yang tahan lebih lama. Hanya saja, bagi pemilik wajah berminyak, make up di wajah akan cepat luntur dan butuh sering-sering touch up.

Nah, agar make up bisa bertahan lebih lama, berikut tipsnya bagi kamu yang memiliki kulit berminyak.

  • Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah langkah pertama bila kamu memiliki kulit yang berminyak maupun jenis kulit lainnya. Sebab, membersihkan wajah menjadi langkah penting agar make up yang akan diaplikasikan bisa benar-benar menempel secara merata di wajah.

Bersihkan wajah dengan facial wash dan air. Hal ini wajib dilakukan sebelum dan sesudah bermake up. Jika tidak, kotoran akan menempel dan memicu adanya masalah pada wajah.

  • Menggunakan Pelembap

Agar make up yang digunakan bisa bertahan lama dan terlihat sempurna, penting untuk menggunakan pelembap di wajah. Pelembap ini akan melindungi kulit kamu. Jangan pernah skip pelembap ini meskipun jenis kulit kamu berminyak. Pelembap ini juga harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah kamu. Jika kondisinya berminyak, bisa menggunakan pelembap khusus atau yang ada efek mattifying. Aplikasikan pelembap ke seluruh wajah dan diamkan selama lebih kurang 3 menit sebelum masuk ke step make up selanjutnya.

  • Tidak Menggunakan Bedak Terlalu Banyak

Salah satu kunci make up agar tahan seharian selain menggunakan foundation yang tahan lama adalah mengurangi penggunaan bedak. Step setelah menggunakan pelembap dan foundation tentu saja adalah bedak tabur. Hanya saja penggunaan beda haruslah sedikit mungkin dan usapkan secara horizontal bolak balik menggunakan brush. Teknik ini digunakan agar bedak tidak menumpuk di wajah. Bedak yang tebal dan tidak merata akan menutup pori-pori wajah sehingga memicu produksi minyak berlebih.

  • Pilih Make Up Bebas Minyak

Gunakan make up yang bebas minyak agar hasilnya natural dan tahan seharian. Minyak justru membuat make up di wajah cepat luntur. Pilih make up yang mengandung non-comedogenic agar tidak membuat pori-pori tersumbat.

  • Tidak Sering-sering Memegang Wajah

Tangan jadi salah satu maslaah make up tidak tahan lama. Keseringan menyentuh wajah banyak menimbulkan masalah. Salah satunya membuat riasan lebih cepat luntur dan masalah kulit lain, seperti berjerawat, bruntusan hingga memicu kulit mengeluarkan lebih banyak minyak. Hal ini karena tangan mengandung banyak sekali bakteri.

  • Pilih Produk Make Up yang Tahan Lama

Kulit berminyak membuat kamu harus berinvestasi lebih pada produk kecantikan. Memang akan sedikit lebih mahal, coba beli produk make up dengan label waterproof, long wear, atau water resistant. Terlebih untuk foundation yang tahan lama.

  • Gunakan Primer

Mulailah dengan menggunakan primer sebelum foundation. Primer digunakan setelah menggunakan pelembap. Aplikasikan face primer di area T zone agar menahan dan mengontrol minyak serta mengecilkan pori-pori. Primer juga jadi kunci menempelnya foundation dengan sempurna.

  • Foundation

Pilih foundation yang teksturnya lebih cair atau gunakan BB Cushion. Hal ini agar kulit wajahmu terlihat glowy namun dengan tingkat coverage yang tinggi. Foundation yang tahan lama akan membuat riasan kamu juga tahan seharian meskipun dengan segudang aktivitas. Gunanan produk make up selanjutnya seperti concealer, eye shadow, blush on, serta lipstick yang sesuai dengan keinginan. Jika ingin riasan natural, pilihlah warna-warna yang lembut agar lebih fresh. Jangan lupa di tahap akhir gunakan setting spray.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here