tips beli mobil avanza bekas

Toyota Avanza menjadi mobil yang memang tidak ada matinya, baik kondisi baru maupun mobil bekas. Menemukan mobil ini di dealer resmi tentu sangat mudah. Namun, bila ingin membelinya di pasar mobil seken, tentu butuh kehati-hatian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika hendak membeli mobil Avanza bekas.

Produk kebanggaan Toyota ini merajai segmen MPV pasar Indonesia. Selain dipakai untuk keperluan pribadi, Avanza juga sering dijadikan angkutan online. Selain muat banyak penumpang, kapasitas bensin Avanza juga cukup banyak, yaitu 45 liter. Tak heran menjadi pilihan untuk angkutan.

Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas

1. Lihat usia kendaraan

Sebelum membeli, lihat dulu usia mobil Toyota Avanza yang diinginkan. Carilah Avanza yang usianya minimal keluaran tahun 2012. Sehingga mobil tersebut masih dalam rentang waktu yang belum terlalu lama. Sehingga kondisi mesinnya juga masih baik. Resiko membeli mobil di bawah tahun tersebut, kondisi mesinnya perlu diwaspadai.

2. Lihat fisik kendaraan

Kondisi fisik kendaraan ini penting untuk dilihat agar tidak rugi membeli mobil second. Pengecekan mobil bekas ini bisa dimulai dari bagian-bagian yang paling terlihat. Berikut detailnya:

  • Cek kondisi lampu-lampu

Pastikan lampu di seluruh bodi mobil berfungsi dengan baik, baik bagian depan juga belakang.

  • Bagian Rem

Kondisi rem pada mobil sangat krusial. Pastikan rem mobil bekas tersebut kondisinya baik, tidak berbunyi saat dilakukan pengereman terus menerus.

  • Lihat bagian busi

Kondisi busi mobil toyota bekas ini perlu dicek. Biasanya, semakin lama usia kendaraan akan semakin lemah businya. Sehingga membuat bahan bakar jadi lebih boros dan membuat mesin mudah tersendat.

  • Lihat bagian aki

Bagian selanjutnya yang harus dilihat adalah kondisi aki. Namun, perlu alat khusus untuk mengeceknya. Amati tinggi cairannya, lalu lihat juga kondisi sel-sel yang ada, lihat juga bila ada korosi pada terminal aki, serta lihat kabel positif dan negatif, dan bagian-bagian aki lainnya.

  • Cek Knalpot

Penting untuk memastikan knalpot mobil yang akan dibeli. Jangan sampai knalpot mengalami masalah kebocoran di bagian exhaust, manifold, pipa, dan muffler. Dengar juga suara yang dihasilkan oleh knalpot, normal atau tidak.

  • Cek sok breker

Salah satu bagian penting bagi kendaraan adalah dengan merhatikan kondisi sok breker. Sebab, bila sok breker lemah, ini juga memengaruhi usia ban. Cara mengeceknya dengan melihat apakah ada lelehan oli di sekitar atau di dudukan sok breker tersebut.

  • Cek kondisi filter, ban, dan belt

Pada mobil Avanza, ada 3 macam filter yang perlu diperhatikan, yaitu filter udara, bahan bakar, dan oli. Cek juga apakah ban mobil tersebut sudah gundul yang memiliki risiko tinggi. Bagian lainnya yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi belt. Bila belt sudah kendur, nantinya akan berpengaruh pada AC, alternator, dan power steering.

  • Lihat kondisi interior mobil

Bagian terakhir yang tidak boleh luput dari perhatian adalah interior mobil. Cek kondisi busa di kursi penumpang, warna interior masih baik, seat belt, kulit kursi penumpang masih terpasang rapi, dan bagian-bagian lain yang ada di dalamnya.

3. Uji coba

Melihat mobil bekas tidak cukup hanya dengan melihat tampilan luarnya saja, harus dicoba dengan test drive agar tahu kondisi mobil saat dikendarai. Test mobil di jalan yang berbelok, jangan hanya jalan lurus saja untuk merasakan bagaimana kekuatan kendaraan.

4. Harga mobil

Jangan tergiur dengan harga mobil bekas yang ditawarkan sangat murah. Bisa saja harga yang sangat murah menggambarkan kondisi mobil yang sebenarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here