tips menabung gaji 4 juta

Salah satu alasan yang sering dilontarkan seseorang saat menabung adalah gajinya kecil atau pas-pasan. Alasan lainnya: punya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, dan sebagainya. Padahal gaji pas-pasan 4 juta tak menghalangi kamu untuk menabung, lho. Berikut tips mengelola keuangan bagi kamu yang bergaji UMR 4 juta rupiah setiap bulannya.

Sebenarnya yang diperlukan adalah siasat dan membelanjakan uang dengan bijak. Jadi, tidak benar bahwa menabung hanya untuk orang bergaji besar saja.

Tabungan sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan di waktu mendatang. Meskipun kamu hanya memiliki gaji 4 juta rupiah saja, bukan berarti kamu tidak bisa menyisihkannya sedikit untuk tabungan.

Tips Mengelola Keuangan Bagi Orang Bergaji 4 Juta Rupiah

Membuat Catatan Keuangan

Tips yang bisa kamu lakukan untuk menyisihkan uang gaji ditabung adalah dnegan membuat catatan keuangan. Buatlah serinci mungkin, mulai dari pos-pos pengeluaran yang tidak terlewat satu pun, serta mencatat besaran pemasukan total dalam satu bulan.

Hal ini akan memudahkan kamu mengetahui kebutuhan yang harus kamu penuhi setiap bulannya, lengkap dengan jumlah uang yang bisa ditabung setiap bulan. Dengan begitu setidaknya kamu punya gambaran berapa total jumlah tabungan yang bisa dikumpulkan jangkan satu atau dua tahun ke depannya.

Hal salah yang sering dilakukan adalah menghitung uang untuk tabungan belakangan. Artinya, bila uang bersisa, barulah menabung. Namun jika uang habis, maka tidak ada uang yang masuk ke tabungan.

Menabung di Awal Gajian

Jangan masukkan uang ke tabungan belakangan. Semakin lama, potensi uang tabungan dipakai jadi lebih besar. Sebaiknya, uang tabungan langsung dipisahkan saat gaji diterima. Dengan begitu, uang tabungan jadi lebih aman. Jangan sekali-sekali menggunakan uang tabungan untuk alasan apa pun yang tidak terlalu penting.

Tabunglah 20 Persen dari Gaji

Sebenarnya tidak ada angka pasti berapa uang untuk tabungan setiap bulannya. Namun, menurut sebagian orang, tidak ada salahnya untuk mengambil 20 persen dari gaji untuk tabungan. Artinya, kamu yang bergaji 4 juta bisa menabung 800 ribu rupiah setiap bulannya. Jangan sampai lebih maupun kurang. Bila uang yang ditabung lebih banyak, akan berpotensi mengganggu pos-pos pengeluaran lainnya.

Anggarkan Kebutuhan Sehari-hari  30 Persen dari Gaji

Banyak yang menyebut anggaran untuk kebutuhan sehari-hari adalah 30 persen dari gaji. Artinya, bila pendapatan tiap bulan kamu 4 juta rupiah, maka uang yang boleh dihabiskan untuk biaya sehari-hari tidak lebih dari 1,2 juta rupiah. Biayan sehari-hari ini sudah mencakup kebutuhan makan-minum, transportasi, dan sebagainya.

Sisihkan Dana Pengembangan Diri dan Entertainment

Jangan sampai uang gaji habis begitu saja tanpa adanya investasi untuk mengembangkan potensi diri. Meskipun gaji sedikit, tapi tetap sisihkan uang untuk pengembangan potensi diri sekitar 15 persen atau sekitar 600 ribu rupiah.

Kemudian, anggarkan untuk hang out maupun bersosialisasi sekitar 10 persen atau 400 ribu rupiah. Hal ini bertujuan agar adanya keseimbangan antara kehidupan sosial dan pekerjaan.

Sisakan Uang untuk Dana Liburan dan Dana Darurat serta Asuransi

Gaji sedikit bukan berarti kamu gak bisa liburan. Caranya dengan menabung dan rencanakan biaya yang diperlukan. Setidaknya, kamu bisa menabung 15 persen dari gaji untuk budget liburan. Tips mengelola keuangan ini sebenarnya bisa dimodifikasi dan disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu.

Selain dana liburan, penting juga untuk melindungi diri dengan asuransi setidaknya 300 ribu rupiah. Dan yang terakhir adalah dana darurat. Jika gaji kamu 4 juta rupiah dan menerapkan semua tips mengelola keuangan di atas, kamu bisa menyisihkan uang untuk dana darurat sekitar 100 ribu rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here