Tips Wisata Hemat ke Manado

Sejak UNESCO menetapkan Taman Laut Bunaken sebagai situs warisan dunia, pamor wisata Manado kian melejit. Kota ini menjadi destinasi terpopuler kedua di Pulau Sulawesi setelah Makassar. Banyak objek wisata didirikan, memanfaatkan potensi alam Manado yang nyaris tiada duanya. Dan untuk dapat menikmati itu semua, kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

(sumber : dream.co.id)

Tapi bagaimana caranya? Ya, salah satu yang termudah adalah menggunakan layanan paket wisata komplet ke Manado dari agen perjalanan. Banyak agen travel berani memasang harga murah. Kalau mau, sediakan dana sesuai tarifnya, lalu luangkan waktu untuk mengikuti jadwal dan itinerary wisata yang telah direncanakan.

Pilihan harganya bervariasi, tergantung durasi kunjungan kamu. Kisaran harganya mulai Rp 1,6 juta-an untuk itinerary 3 hari 2 malam. Perlu diketahui bahwa harga tersebut di luar biaya perjalanan menuju Manado dari kota asalmu. Jadi pastikan telah mempersiapkan bujet lebih buat kebutuhan ini.

Saat ini banyak tersedia rute penerbangan ke Bandara Sam Ratulangi Manado, dari berbagai bandara besar di Indonesia. Harga tiket pesawat ke Manado berkisar di angka Rp 2 juta-an, untuk keberangkatan dari Bandara Cengkareng. Jika berangkat dari Medan, biayanya sekitar Rp 3 juta-an. Tentu saja harga ini tergantung jarak antara kota keberangkatan dan destinasi. 

Ada alternatif transportasi lain yang bisa kamu pilih. Kapal-kapal PELNI menyediakan rute pelayaran menuju Sulawesi.  Hanya saja, perjalanan armada tersebut berakhir di Pelabuhan Bitung, sekitar 40 km di timur Manado. Artinya kamu harus memikirkan bagaimana cara agar tiba di Manado sesuai jadwal.

Maka pilihan terbaik jatuh pada jalur udara. Biayanya sedikit lebih besar, tetapi dengan jaminan kenyamanan dan durasi jauh lebih singkat. Setibanya di Bandara Sam Ratulangi, kamu akan dijemput oleh armada dari agen travel dan diajak berkeliling ke berbagai destinasi wisata di Ibu Kota Sulawesi Utara.

Biasanya, tujuan pada hari pertama adalah kawasan Citra Land. Di mana menjadi lokasi didirikannya patung tertinggi kedua di dunia, Monumen Yesus Memberkati. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan-jalan di pusat kota, termasuk ke daerah Pecinan. Atau mengunjungi Desa Tinoor yang berada di daerah dataran tinggi Tomohon.

Perjalanan hari pertama ini akan berakhir dengan check in hotel di Manado. Kamu tak perlu memikirkan lagi soal booking hotel, karena agen telah menyiapkan semuanya. Kamu hanya perlu memastikan agen perjalanan memilih penginapan Airy, yang mampu menyediakan kamar-kamar nyaman dengan harga terjangkau.  

Menginjak hari kedua, umumnya agen wisata akan menjadwalkan kunjungan ke Taman Laut Bunaken. Perjalanan dimulai dari penginapan ke Pelabuhan Manado, lalu dilanjutkan dengan berlayar menuju perairan yang dikenal elok dan kaya terumbu karang itu.  

Kamu bisa menghabiskan waktu sepanjang siang di sini. Pengelola taman wisata menyediakan berbagai layanan aktivitas buat para wisatawan. Sedikitnya ada 39 titik penyelaman buat pecinta diving dan snorkeling. Tersedia pula kapal selam yang bisa disewa jika ingin menikmati pesona Bunaken di kedalaman laut tanpa takut kebasahan.

Menjelang sore hari, kemudian kamu akan dibawa berwisata kuliner. Beberapa tempat makan populer di Manado, antara lain Restoran Seafood Wisata Bahari, Pusat Kuliner Jalan Roda, dan Restoran Dabu Dabu Lemong. Selanjutnya, barulah kamu berkesempatan untuk mencari oleh-oleh di pusat cemilan dan suvenir khas Manado buat orang rumah.

Usai semua aktivitas tersebut, kamu diantar kembali menuju penginapan. Ini berarti sebentar lagi kunjungan kamu di Manado segera berakhir. Manfaatkan malam terakhir kamu sebaik-baiknya. Pasalnya esok hari agen wisata bakal mengantarmu ke bandara, untuk kembali pulang ke kampung halaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here